ADIYAT RIMBAWAN HUTAN KOTA

HUTAN KOTA DKI JAKARTA. HUTAN KOTA DKI JAKARTA. HUTAN KOTA DKI JAKARTA. created by: A D I Y A T R I M B A W A N. HUTAN KOTA DKI JAKARTA

Jumat, 06 Mei 2016

FASILITAS RUANG DAN GEDUNG HUTAN KOTA SUKAPURA










Bekas Taman Ternak Akan Dijadikan Hutan Kota

REPORTER : BUDHI FIRMANSYAH SURAPATI | EDITOR : WIDODO BOGIARTO | MINGGU, 22 MARET 2015 12:05 WIB | DIBACA 3349 KALI
Bekas Taman Ternak Akan Dijadikan Hutan KotaBekas Taman Ternak Yang Berlokasi Di Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Akan Dialihfungsikan Menjadi Hutan Kota. Untuk Tahap Awal, 1.000 Batang Pohon Akan Ditanam Di Atas Lahan Seluas 2,6 Hektare Tersebut. Jenis Pohon Yang Telah Disiapkan
( Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.Com)
Bekas Taman Ternak yang berlokasi di Kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, akan dialihfungsikan menjadi hutan kota. Untuk tahap awal, 1.000 batang pohon akan ditanam di atas lahan seluas 2,6 hektare tersebut. Jenis pohon yang telah disiapkan antara lain mahoni, trembesi dan nyemplung.
" Lokasi Taman Ternak sudah tidak sesuai dengan perkembangan wilayah, karena berada di tengah pemukiman"
Taman Ternak yang dibangun tahun 1993 ini awalnya berfungsi menjadi lokasi pembiakan hewan ternak, seperti bebek, ayam dan kambing.
Namun saat ini keberadaan Taman Ternak sudah tidak layak, karena lokasinya ada di tengah pemukiman padat penduduk. Selain itu, berdasarkan Perda Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan dan Peredaran Unggas, bahwa lokasi pemukiman dilarang untuk dijadikan lokasi pemeliharaan unggas.
"Lokasi Taman Ternak sudah tidak sesuai dengan perkembangan wilayah, karena berada di tengah pemukiman. Makanya lahan tersebut akan diubah menjadi hutan kota," kata Darjamuni, Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Minggu (22/3).
Darjamuni menuturkan, SK Gubernur DKI Jakarta terkait perubahan fungsi lahan masih diproses. Rencananya pembangunan hutan kota tersebut baru dimulai tahun depan.
"Hutan kota yang akan dibangun nantinya dilengkapi dengan jogging track dan fasilitas penunjang lainnya," jelas Darjamuni.
Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengapresiasi rencana pembangunan hutan kota di Sukapura. Terlebih, Kementerian Lingkungan Hidup telah menobatkan wilayahnya sebagai kota metropolis yang paling rendah kualitas udaranya.
"Semoga dengan banyaknya pohon yang ditanam akan semakin memperbaiki kualitas udara di Jakarta Utara. Setiap jengkal tanah harus dimanfaatkan, jangan sampai malah diduduki dan dipenuhi bangunan liar," papar Rustam.


 



HUTAN KOTA SUKAPURA  
Semakin terasa manfaatnya di Masyarakat

            Saat ini masyarakat Sekitar Hutan Kota Sukapura sudah mulai merasakan manfaat adanya Hutan Kota Sukapura. Jumlah Pengunjung semakin bertambah setiap harinya. Apalagi pada sore hari, masyarakat memanfaatkan HK. Sukapura untuk Olah Raga Sore, Jogging, Mengasuh anak dan para balita nya,dll. Sejak  dialih fungsikan dari Peternakan menjadi Hutan Kota Sukapura, masyarakat tidak segan lagi berkunjung. Selain Udaranya mulai sejuk, HK.Sukapura juga jadi ruang alternatif  sebagai tempat bermain yang aman bagi anak-anak.Hampir setiap sore,para Ibu membawa balitanya bermain, bahkan ada juga yang bermain Badminton memanfaatkan ruang jalan breraspal kasar seadanya.  Sekali waktu Masyarakat / Pengunjung menuturkan harapan agar Hutan Kota Sukapura membuat fasilitas ruang bermain anak  dan Ruang bersosialisasi lengkap dengan "TAMAN BERMAIN" nya. Kami selaku perawat HK.Sukapura hanya bisa menjawab Insya ALLAH ....Mudah-mudahan terkabul apa yang diharapkan ! Salam GO GREEN  dari Hutan Kota Sukapura untuk Pemerhati Lingkungan dan Komunitas Peduli Hutan Kota. Wassalam...






KANTOR PENGELOLA HUTAN KOTA SUKAPURA
GERBANG LUAR SISI KANAN
RUANG SERBA GUNA KEGIATAN HUTAN KOTA DAN MASYARAKAT SETEMPAT

RUANG PEMBIBITAN BENIH POHON
RUANG PEMBESARAN BIBIT POHON







PAPAN NAMA HUTAN KOTA SUKAPURA

TONG SAMPAH

JALAN ARAH MASUK DARI DEPAN GERBANG
JALAN DI DEPAN KANTOR PENGELOLA
DINDING LUAR HK. SUKAPURA
GEDUNG KEGIATAN PERTEMUAN MASYARAKAT
 
GERBANG BELAKANG HK.SUKAPURA arah Komplek PELINDO






                    Program Taman Bacaan Masyarakat
             Hutan Kota Sukapura
Sumbangan Buku untuk TBM
Hutan Kota Sukapura
                    Pengunjung Taman Bacaan Masyarakat                 Hutan Kota Sukapura

Sumbangan Rak Buku TBM HK.Sukapura


























2 komentar:

  1. Wah aku kalah meliputnya. Kenapa aku tidak diajak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...Kapan Mau datang dan Berkunjung ke Hutan Kota Sukapura lagi ? Skarang sudah banyak perubahan !! Mantaaapppp..

      Hapus